Ijin CV

CV atau Comanditaire Venootschap merupakan Badan Usaha yang tidak berbadan hukum, dan kekayaan para pendirinya tidak terpisahkan dari kekayaan CV. Karakteristik CV yang tidak dimiliki Badan Usaha lainnya yakni karena CV didirikan minimal oleh 2 (dua) orang, dimana salah satunya akan bertindak selaku Persero Aktif (persero pengurus) yang nantinya akan bergelar Direktur, sedangkan yang lain akan bertindak selaku Persero Komanditer (Persero diam). Seorang persero aktif akan bertindak melakukan segala tindakan pengurusan atas Perseroan, oleh karenanya dalam hal terjadi kerugian maka Persero Aktif akan bertanggung jawab secara penuh dengan seluruh harta pribadinya untuk mengganti kerugian yang dituntut oleh pihak ketiga. Sedangkan untuk Persero Komanditer, karena dia hanya bertindak selaku sleeping partner, maka dia hanya bertanggung jawab sebesar modal yang disetorkannya ke dalam perseroan.
CV adalah  bentuk usaha yang merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih oleh para pengusaha yang ingin melakukan kegiatan usaha dengan modal yang terbatas. Dalam CV tidak ditentukan jumlah modal minimal seperti halnya pendirian PT. Jadi, misalnya seorang pengusaha ingin berusaha di industri rumah tangga, percetakan, biro jasa, perdagangan, catering, dan lain-lain dengan modal awal yang tidak terlalu besar. Terkait pendirian, CV dapat didirikan dengan syarat dan prosedur yang lebih mudah daripada pendirian sebuah PT, yaitu hanya mensyaratkan pendirian oleh 2 orang, dengan menggunakan akta notaris yang berbahasa Indonesia. Meskipun saat ini pendirian CV mengharuskan adanya akta notaris, namun dalam Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dinyatakan bahwa pendirian CV tidak mutlak harus dengan akta notaris.

Untuk pendirian CV, tidak diperlukan adanya pengecekan nama CV terlebih dahulu. Oleh karena itu prosesnya akan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan pendirian PT. Namun demikian, dengan tidak didahuluinya dengan pengecekan nama CV, menyebabkan nama CV sering sama antara satu dengan yang lainnya.

Syarat Pendirian CV :

Lama Proses    : 4 Minggu, terhitung berkas lengkap
Biaya wilayah Surabaya                  : Rp. 1.750.000,- ( satu juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah )
Biaya wilayah Sidoarjo                  : Rp. 2.000.000,- ( dua juta rupiah )

Persyaratan :

  • Foto Copy KTP Pendiri (Minimal 2 orang atau lebih)
  • Fotocopy NPWP Direktur ( Jika Ada )
  • Pass Photo Penanggung Jawab/ Direktur 3×4 berwarna 4 lembar
  • Surat Keterangan Domisili Usaha dari Kelurahan Setempat
  • Foto copy bukti kepemilikan tanah (sertifikat/petok D/akte jual beli/sewa-menyewa/letter C); Khusus wilayah Sidoarjo
  • Stempel CV

Anda akan mendapatkan dokumen berupa Akta Notaris + NPWP Perusahaan + SIUP + TDP Badan Usaha

Jika menginginkan PKP hanya menambah biaya sebesar Rp. 500.000,- untuk wilayah Surabaya dan Sidoarjo

Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan menghubungi kami :

CV. Asubtha Pratama

CP. Aries Susilo B

Telp : 081 7313101 | 081 21 663 6630

Alamat : Jl. Karah 2 No. 29 Surabaya

>